Rpp K13 Kelas 5 Revisi 2017 Semester 1 Dan 2 Literasi, Ppk & 4C Lengkap

Intro pendidikan - Update 2018! Menjelang tahun pelajaran 2018/2019 kami mencoba menyebarkan rpp kurikulum 2013 kelas 5 semester 2 revisi 2017 yang disusun menurut permendikbud nomor 22 tahun 2016
Dengan demikian rpp k13 ini telah terintegrasi literasi, ppk, dan 4C. Untuk mempermudah guru rpp tersebut dalam format DOC, jadi guru hanya tinggal mengeditnya saja sesuai kebutuhan.
Bagi bapak dan ibu guru yang membutuhkan silahkan pribadi saja simpan rpp nya di dalam google drive dengan cara klik "SAVE RPP DOC". Semoga bermanfaat.
DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 (KURTILAS) KELAS 5 REVISI 2017 TEMA 1 Organ Gerak Hewan Dan Manusia - KLIK DISINI

Apakah bapak dan ibu guru sekolah dasar (SD) sedang mencari rujukan teladan RPP K13 kelas 5 terbaru? kemudian menemukan blog ini di google? kalau demikian maka ana tiba ke wadah yang tepat, alasannya postingan yang sedang anda baca dikala ini, akan menyajikan kumpulan rpp untuk SD khusus kelas 5 semua pembelajaran semester 1 dan 2 tahun pelajaran 2017/2018.
Sahabat guru, RPP kelas 5 tema organ gerak binatang dan insan ini tentunya khusus untuk Guru SD kurikulum 2013 yang telah di revisi tahun 2017. Dengan demikian tentu saja sangat berbeda dengan RPP kurtilas tahun 2016. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa revisi k13 tahun 2017/2018 pada planning pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru di dalamnya harus Integrasi PPK, Literasi dan Hots dalam artian "memunculkan" ketiga point tersebut.
Untuk lebih jelasnya akan kami bagikan teladan RPP kelas 5 dalam format revisi tahun 2017 yang memuat ketiga point yang telah kami sebutkan diatas
 intro pendidikan

CONTOH RPP K13 REVISI KELAS 5 SEMESTER 1 DAN 5 TAHUN 2017

Dibawah ini bapak dan ibu guru bisa melihat teladan nya dan juga pribadi Download rpp kelas 5 revisi 2017 tema 1 dan sub tema semua mata pelajaran, link download telah kami sematkan dibawah ini. Semoga bermanfaat
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester        :  5 /1
Tema                           :  Organ Gerak Hewan Dan Manusia(Tema 1)
Sub Tema                  :  Organ Gerak Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu              :  1 Hari

A.   KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan aliran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya menurut rasa ingin tahu perihal dirinya, makhluk ciptaan Allah dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang terperinci dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : IPA
No
Kompetensi
Indikator
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada binatang dan insan serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.1.1 Mengetahui fungsi alat gerak pada
manusia dan hewan.

3.1.2 Menunjukan cara menjaga
kesehatan alat gerak.

4.1
Membuat model sederhana alat gerak insan dan hewan.
4.1.1   Menciptakan alat peraga dari materi bekas.



Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1 
Menentukan pokok pikiran dalam teks ekspresi dan tulis.
3.1.1 Menunjukan ide pokok pada sebuah
paragraf
3.1.2 Mencari pokok pikiran pada sebuah
percakapan.

4.1 
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran
4.1.1 Mengindentifikasi pokok pikiran yang
terdapat pada sebuah teks.


C.   TUJUAN
  1. Dengan membaca teks perihal organ gerak binatang dan manusia, siswa dapat menyebutkan alat gerak binatang dan insan secara benar.
  2. Dengan kegiatan membaca, siswa sanggup menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan secara tepat.
  3. Dengan menulis, siswa sanggup mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf secara runtut.
  4. Dengan berdiskusi, siswa sanggup menebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

D.   MATERI
  1. Bacaan organ gerak binatang dan manusia
  2. Bacaan beberapa paragarap.
  3. Gambar dan percakapan.

E.    PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi
Waktu
Pembukaan 1. Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa
2. Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca do’a yakni siswa siswa yang hari ini tiba paling awal. (Menghargai kedisiplikan siswa/PPK).
3. Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap dikala dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.
4. Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru menunjukkan penguatan perihal pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
5. Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran ibarat tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat , kisah wangsit dan motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak siswa mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
Apa yang tergambar pada sampul buku.
Apa judul buku
Kira-kira ini menceritakan perihal apa
Pernahkan kau membaca judul buku ibarat ini 15 menit
Inti Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.
Siswa mengamati gambar dan percakapan perihal organ gerak binatang dan manusia.
Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapan secara cermat.

Catatan:
1) Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secara cermat untuk menggali informasi.
2) Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untuk mengolah data menjadi sebuah informasi yang mempunyai kegunaan melalui konsep pelaporan tertulis.
3) Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan obrolan interaktif.

Hasil yang Diharapkan
1. Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut perihal organ gerak binatang dan manusia.
2. Siswa mempunyai kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.

A. Ayo Membaca
Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan. 
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru menunjukkan waktu selama 5 menit dan siswa diminta dalam hati. 
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut dan meminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa.
Hasil yang diharapkan 
- Siswa gemar membaca.
- Siswa mempunyai keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan.
- Melalui bacaan, siswa sanggup mengetahui organ gerak insan dan hewan. 
Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap    paragraf  dari bacaan yang telah dibacanya.
Alternatif jawaban
1. Paragraf 2: Gerak pada insan dan binatang memakai organ    geraktersusun dalam sistem gerak.
2. Paragraf 3: Organ gerak insan dan binatang mempunyai kesamaan yakni tulang dan otot.
3. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
4. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
Hasil yang diharapkan
- Siswa mempunyai keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
- Siswa bisa menentukan ide pokok bacaan.

B. Ayo Menulis
Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara berdikari siswa mencoba membuat paragraf menurut ide pokok yang telah ditentukan.

Alternatif Jawaban 
1. Paragraf 1: Organ gerak insan dan binatang terdiri dari dua macam. Ada organ gerak pasif, yakni tulang. Ada juga organ gerak aktif, yakni otot. Tulang dan otot mempunyai fungsi masing-masing dalam sistem gerak insan dan hewan.
2. Paragraf 2: Organ gerak berbagai fungsinya. Dengan organ gerak, kita sanggup melaksanakan gerakan-gerakan dalam kegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan, berlari, memanjat, memegang, berenang, menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3. Paragraf 3: Tanpa organ gerak insan tidak akan bisa melaksanakan gerakan apa-apa. Manusia tidak akan bisa melaksanakan acara sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan organ gerak yakni sistem yang meneruskan perintah dari otak dalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan impulsif alasannya adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.
Hasil yang diharapkan 
- Siswa mempunyai keterampilan mengembangkan ide pokok menjadi 
- sebuah paragraf.
- Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
- Siswa sanggup mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalam mengerjakan tugas.

C. Ayo Berdiskusi
Siswa membentuk kelompok untuk berdiskusi perihal pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

Alternatif Pelaksanaan Diskusi
1. Guru membuat suasana interaktif dan atraktif dengan mengajak siswa melaksanakan diskusi secara klasikal.
2. Guru menunjukkan kesempatan kepada siswa untuk menentukan para petugas diskusi, ibarat pembawa acara, sekretaris/notulis, dan lain-lain. Sementara belum dewasa yang lain bertindak sebagai penerima diskusi.
3. Pembawa program bertanggung jawab atas jalannya diskusi. Pembawa program juga bertugas untuk membacakan pertanyaan-pertanyaan untuk didiskusikan oleh peserta.
4. Notulis bertugas untuk mencatat kejadian-kejadian yang terjadi dikala diskusi berlangsung, ibarat pendapat-pendapat yang disampaikan oleh penerima diskusi. Notulis juga bertugas untuk membuat laporan dan kesimpulan hasil diskusi.
5. Setiap penerima diskusi berhak mengemukakan pendapatnya berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh pembawa acara.
6. Setelah siswa menunjukkan pendapatnya, guru mengonfirmasi pendapat-pendapat siswa. Kemudian guru memandu siswa untuk menarik kesimpulan.
7. Masing-masing siswa menulis balasan sesuai pertanyaan pada buku siswa menurut hasil diskusi
Alternatif Jawaban 
- Ide Pokok: Ide/gagasan yang menjadi dasar atau pokok pengembangan sebuah paragraf.
- Fungsi Ide Pokok: Menjadi dasar pengembangan paragraf.
- Cara menetukan ide pokok: Membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu, menentukan inti paragraf tersebut. Inti paragraf itulah yang disebut ide pokok/pikiran utama.
Hasil yang diharapkan
Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok dari sebuah bacaan.
Siswa bisa mengembangkan sikap kolaborasi dalamkelompok serta menghargai pendapat orang lain.

Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara berdikari siswa membuat kesimpulan hasil diskusi.
Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semua pendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkan pendapat tersebut.
Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung oleh penerima diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.
Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telah diambil.
Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan menunjukkan tanggapan.
Hasil yang diharapkan
- Siswa memahami konsep dan mempunyai ketrampilan untuk menyimpulkan suatu insiden atau peristiwa.
- Kemandirian dalam mengerjakan kiprah serta kepekaan dan berpikir kritis.
Hasil yang diharapkan
- Kemandirian dan ketekunan dalam mengerjakan tugas.
- Siswa mengisi tabel mengenai kompetensi yang sudah dipelajari, berkaitan dengan organ gerak insan dan hewan.
Catatan  :
Kegiatan ini merupakan media untuk mengukur seberapa banyak materi yang sudah dipelajari dan dipahami siswa.
Pada ativitas ini lebih ditekankan pada sikap siswa sesudah mempelajari materi.
Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, guru sanggup menunjukkan REMEDIAL dan PENGAYAAN sesuai dengan tingkat pencapaian masing-masing siswa.
Hasil yang diharapkan
- Siswa meningkatkan kegiatan belajarnya sesuai dengan tingkat pencapaian yang dicapainya.

C. Keja Sama Dengan Orang Tua
Dengan pemberian orang tuanya, siswa mengamati hewan-hewan yang ada di sekitar tempat tinggalnya. Siswa mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan tersebut.

Hasil yang diharapkan
- Mengetahui organ gerak hewan.
- Menambah rasa ingin tahu.
- Kerja sama.
- Keterampilan mengumpulkan dan mengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan. 140 menit

Penutup 1. Siswa bisa mengemukan hasil mencar ilmu hari ini 
2. Guru menunjukkan penguatan dan kesimpulan 
3. Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya
4. Menyanyikan salah satu lagu kawasan untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
5. Salam dan do’a epilog di pimpin oleh salah satu siswa. 15 menit

A.   PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi penerima didik. Hasil evaluasi dipakai sebagai materi penyusunan laporan kemajuan hasil mencar ilmu dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini sanggup dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric evaluasi sebagai berikut

Teknik Penilaian:
1.    Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
Disiplin


Lebih terperinci dan lengkap silahkan download rpp kelas 5 kurtilas revisi 2017 dalam format gres dokumen words siap edit. Cara download nya silahkan klik teks COMOT DISINI kemudian, klik tombol get link here. Terima kasih
Demikian share intro pendidikan kali ini tentang Rpp K13 Kelas 5 Revisi 2017 Semester 1 Dan 2 Literasi, Ppk & 4C Lengkap, semoga bermanfaat.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rpp K13 Kelas 5 Revisi 2017 Semester 1 Dan 2 Literasi, Ppk & 4C Lengkap"

Posting Komentar